Rabu, 21 Desember 2011

“PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA”

Budaya Indonesia yang seharusnya kita jaga dan lestarikan sebagai identitas bangsa kita saat ini sepertinya kurang dipedulikan lagi oleh masyarakat Indonesia apalagi generasi muda yang notabene penerus bangsa. Budaya sendiri sekarang kalah populer dengan maraknya media teknologi informasi jejaring sosial seperti "facebook", "twitter" yang selalu menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Update status sekarang menjadi hal yang lebih penting daripada update informasi apalagi update tentang budaya-budaya Indonesia.

Sungguh sangat disayangkan ketika perkembangan teknologi semakin maju tetapi tidak di imbangi dengan kepedulian untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya-budaya yang kita miliki kepada masyarakat dunia. Maka dari itu sebagai masyarakat yang peduli dengan Indonesia, marilah kita memanfaatkan teknologi sebagai media untuk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia.

Banyak sekali yang bisa kita lakukan dalam memanfaatkan teknologi seperti berikut:
1.     Memanfaatkan jejaring social (facebook, twitter, google+, dll)
Buat status-status yang menggambarkan kecintaan terhadap Indonesia, seperti memperkenalkan budaya, himbaukan memakai batik, perkembangan budaya saat ini, dsb. Kita juga bisa memajang foto profil kita ketika sedang berkunjung ke tempat-tempat budaya, kemudian memperkenalkan budaya dengan membuat tulisan pada bagian note yang sudah disediakan, minimal memperkenalkan kebudayaan daerah kita sendiri.
2.     Media youtube
Youtube adalah media berbagi video terbesar di dunia. Media ini dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan budaya yang berupa video atau slide foto, video-video tersebut bisa berupa penampilan-penampilan kebudayaan seperti tarian dan permainan tradisional atau bisa juga berupa film dokumenter mengenai budaya-budaya Indonesia. Melalui media ini maka cakupan kita lebih besar karena masyarakat dunia bisa melihatnya.
3.     Blog
Nah, kita bisa membuat suatu blog dimana isinya adalah budaya-budaya yang ada di Indonesia, kita bisa bekerja sama dengan menteri kebudayaan dan organisasi-organisasi daerah setempat dalam mencari referensinya tentunya dengan memanfaatkan teknologi juga seperti media telekomunikasi (handphone) atau forum-forum budaya di internet. Buat dan promosikan blog kita sekreatif mungkin sehingga masyarakat bisa tahu keanekaragaman budaya yang ada di daerah selain kampung halaman mereka sendiri. Kemudian bagi yang suka mengoprek bahasa pemrograman bisa membuat template yang bertemakan budaya atau membuat widget-widget dengan sensasi yang kental akan budaya.
4.     Ebook
Electronic Book atau ebook bisa menjadi media yang sangat efektif dalam melestarikan budaya Indonesia. Dengan menggunakan ebook kita bisa membuat tulisan-tulisan mengenai budaya yang kita miliki, ulasan yang lengkap dengan didukung dengan gambar-gambar akan membuat ebook kita semakin menarik untuk dibaca. Kita juga bisa membuat tutorial-tutorial suatu permainan atau tarian tradisional agar pembaca bisa mempraktekkan langsung budaya baru yang dipelajarinya, mengenai tutorial ini kita juga bisa membuatnya dalam versi video dan menguploadnya di youtube seperti pada ulasan no 2.

Beberapa metode pemanfaatan teknologi diatas hanya sebagian kecil cara untuk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia. Masih banyak cara-cara yang lain yang dapat kita lakukan dengan menggunakan kratifitas kita akan kemajuan teknologi. Kesimpulannya dalam artikel ini pemanfaatan teknologi juga harus disertai rasa kecintaan terhadap bangsa Indonesia.


21 Desember, 2011
Oleh: Ahmad

0 komentar:

Posting Komentar